Coffee Decanter

Apa Itu Coffee Decanter?

Decanter  atau yang biasa disebut dengan coffee warmer  dapat memudahkan Anda untuk menikmati secangkir kopi panas tanpa harus merebusnya kembali hanya agar kopi menjadi panas.
Decanter ini berbentuk seperti teko. Bagian bawahnya terbuat dari stainless steel yang mudah menghantarkan panas. Teko ini akan diletakkan pada sebuah tatakan yang biasanya terbuat dari keramik atau konduktor lainnya yang terhubung dengan aliran listrik sehingga menghasilkan energi panas. DECANTER

Perbedaan Coffee Decanter dengan Ceret

Seringkali orang salah ketika membedakan coffee decanter dengan ceret hanya karena mereka memiliki bentuk yang cukup mirip dan berfungsi sama. Terlebih lagi coffee decanter selalu berada di atas tatakan yang sekilas jika diperhatikan memang mirip kompor.

Fungsi
Jika ditinjau dari segi fungsi, memang benar baik ceret maupun coffee decanter sama-sama digunakan untuk memanaskan air. Akan tetapi, cara memanaskannya berbeda dengan media yang berbeda pula.

Baca juga  Display Chiller
Ceret memanaskan air dengan menggunakan nyala api dari kompor. Air yang dipanaskan pun akan mencapai titik didihnya hingga menghasilkan uap panas. Air ini sangat panas hingga manusia biasa tidak akan sanggup untuk meminumnya secara langsung. Bahkan air yang mendidih tersebut dapat melukai kulit jika terjadi kontak secara langsung.

Di sisi lain, coffee decanter hanya digunakan untuk menghangatkan air yang biasanya berupa kopi atau teh yang terdapat di dalamnya. Tugasnya hanya menghangatkan, bukan mendidihkannya sehingga kopi yang dituang dari dalam decanter  aman untuk diminum secara langsung, bahkan memberikan efek hangat yang nyaman.

Bahan Pembuat dan Bentuknya
Jika ditinjau dari segi bahan dan bentuk, tentu Anda akan dapat dengan mudah membedakan ceret dan coffee decanter. Kembali ke tujuan utama ceret yaitu untuk mendidihkan air, maka bahan yang digunakan untuk membuat ceret pastilah bahan yang mudah menghantarkan panas serta tahan terhadap panas seperti alumunium, baja, atau stainless steel.

Bentuk dan desain ceret tidak terlalu bervariasi. Bentuknya cenderung sama yaitu bulat dan gemuk dengan gagang yang terbuat dari plastik atau kayu sebagai isolator yang meredam panas ketika Anda mengangkatnya. Ceret juga memiliki mulut yang berleher panjang yang digunakan untuk menuang air.

Pada beberapa ceret, Anda dapat menemukan peluit yang menyumbat bagian mulut ceret. Peluit ini akan menghasilkan siulan yang nyaring ketika air sudah mendidih. Hal ini karena uap panas yang terjebak di antara dua pelat penyusun peluit membentuk pusaran kecil yang dapat menggetarkan udara di sekitarnya.

Lain halnya dengan coffee decanter. Alat ini memiliki postur yang lebih kecil daripada ceret. Karena fungsi decanter yang hanya untuk menghangatkan kopi atau teh yang ada di dalamnya, coffee decanter ini biasanya terbuat dari kaca dengan bagian bawah yang terbuat dari stainless steel yang mampu menghantarkan panas dari pelat dengan baik.

No comments:

Post a Comment

Menjalankan Usaha Minuman Kemasan Tanpa Proposal

Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8-10 gelas (kurang lebih dua liter) per hari, namun hasil penelitian yang dilakukan o...