Peluang Usaha Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan bisa menjadi pilihan usaha yang tepat untuk Anda bangun. Camilan atau makanan ringan tampak sekali telah menjadi salah satu jenis kuliner yang banyak tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dan masih banyak masyarakat yang ingin menggeluti bisnis tersebut.

Usaha camilan juga merupakan bisnis yang sangat potensial ke depannya. Karena makanan ringan sering dikonsumsi masyarakat ketika bersantai, menonton tv, begadang, nonton bioskop, belajar atau saat mengerjakan aktivitas lainnya. Tapi bila Anda cuma melihat saja tanpa melakukan aksi memang akan meragukan. Untuk itu Anda harus mencoba dan memulai usaha tersebut sebagai salah satu usaha Anda.

Kunci Kesuksesan Seorang Perintis dalam Usaha Makanan Ringan
Bisnis makanan ringan membutuhkan ketekunan dan manajemen yang baik. Mayoritas pebisnis makanan ringan yang berhasil merupakan pebisnis yang telah lama berdagang dan telah mempunyai pembeli tetap, ditambah makanan ringan yang dijual begitu inovatif dan rasanya yang enak sebab kunci utama bagi para perintis bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif. Terdapat banyak hal yang bisa mempengaruhi keberhasilan seorang pemula usaha makanan ringan, diantaranya sebagai berikut:

Baca juga  Bisnis Cake Online
a) Makanan Ringan Anda Mempunyai Kualitas Bagus

Makanan ringan yang akan dijual mesti mempunyai kualitas yang bagus, baik itu dari segi bahan dasar yang digunakan, segi pembuatan maupun segi pengemasan. Bahan baku yang digunakan haruslah bahan yang bersih dan tidak mengandung unsur zat berbahaya. Cara pengolahannya harus sesuai aturan, misalnya gorenglah makanan ringan Anda dengan minyak yang berkualitas dan diganti dengan teratur. Kemudian kemaslah makanan ringan yang telah digoreng dengan menggunakan kemasan yang baik dan menarik.

b) Harus Memiliki Banyak Inovasi Baik Dalam Produk Maupun Cara Marketingnya

Pengusaha makanan ringan yang sukses adalah pebisnis yang selalu berinovasi tinggi untuk membuat makanan ringan yang berbeda, sehingga produk Anda lebih gampang dicari dan dibedakan oleh konsumen. Oleh sebab itu tidak jadi masalah produk yang Anda jual sudah ada di pasaran, asalkan produk yang Anda jual tersebut berbeda secara inovasi dengan makanan ringan yang sudah beredar.

c) Ciptakanlah Relationship dengan Pelanggan Untuk Menjaga Loyalitas

Layani customer Anda dengan sangat baik dan bijaksana, tidak peduli Anda kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Ciptakan kesan yang mendalam pada pembeli Anda, dengan senyum dan sapaan walaupun hanya sekedar basa-basi, sehingga membuat pelanggan Anda dengan rela hati akan berkunjung kembali. Disamping itu manfaatkanlah media sosial untuk membranding makanan ringan yang dijual untuk membangun hubungan yang dekat dengan pembeli Anda, karena hal ini akan berdampak bagus, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut pelanggan. Iklan dari mulut ke mulut terbukti sangat mampu untuk menjaring customer baru serta meningkatkan omset.

d) Memiliki Strategi Penjualan yang Bagus

Mempunyai Strategi penjualan yang bagus akan mempengaruhi kemajuan bisnis Anda ke depannya, oleh karena itu, sebagai pemula bisnis makanan ringan, Anda harus bisa membangun strategi penjualan yang bagus serta bisa membaca dan mengerti pasar untuk meningkatkan penjualan Anda. Seperti memberi potongan harga, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan contoh produk secara cuma-cuma kepada orang-orang di sekitar area yang menjadi pangsa pasar.

Sumber : https://ramesia.com/peluang-usaha-makanan-ringan-yang-menguntungkan/
https://ramesia.com/

Cara Membuat Gulali Coklat yang Lezat


Gulali merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang cukup terkenal pada masanya. Ketika belum banyak permen atau lollipop kemasan seperti sekarang ini, para anak lebih suka membeli gulali yang dijajakan oleh pedagang keliling.

Gulali sendiri terdiri dari beraneka macam jenis. Jenis yang paling populer dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula jawa. Gulali jenis ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Resep Permen Gulali Gula Jawa

Bahan

1/2 kg gula jawa yang telah dihaluskan
· 125 ml air atau secukupnya
· Kacang tanah potong kecil-kecil
· Tusukan sate
Cara Membuat
Masukkan gula merah dan air ke dalam wajan kemudian aduk hingga gula tercampur dengan rata. Nyalakan kompor dengan api yang sedang lalu letakan wajan di atasnya.
2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
3. Jika sudah mengental, silakan celupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda dapat membungkus gulali yang sudah ditusuk tersebut dengan plastik lalu masukkan ke dalam toples tertutup.
Resep Permen Gulali Gula Pasir

Bahan

1 kg gula pasir
· 1 sdm asam citrun
· 1 sdm pasta pandan atau pasta stroberi
· 1 sdm asam citrun
· 100 ml air matang atau ¾ gelas ukuran
Alat-alat

1 centong kayu
· 1 sendok makan
· 1 wajan ukuran besar
Cara Membuat
Masukkan gula pasir, kemudian masukkan semua bahan yang telah disiapkan sebelumnya kedalam wajan. Aduk sampai merata dengan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti sampai 10-12 menit gulali matang.
2. Matikan kompor tetap pelan-pelan diaduk.
3. Setelah itu menunggu proses pendinginan sampai 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang kita inginkan.
4. Lalu masukkan kedalam stoples. Dinginkan sampai 2 jam.
5. Terakhir gulali siap dibentuk sesuai kreativitas.
Baca juga  Manfaat yang Bisa Kita Dapatkan dari Mengkonsumsi Sosis Daging Kambing
Resep Permen Gulali Rambut Nenek

Bahan

500 gr gula pasir
· 125 ml air atau secukupnya
· Pewarna makanan
· Minyak goreng
· Tepung terigu
Cara Membuat
Tuang minyak goreng ke dalam wajan lalu panaskan di atas kompor. Masukkan tepung terigunya kemudian aduk-aduk hingga baunya harum dan berwarna sedikit kecoklatan.
2. Selanjutnya tuang tepung terigu yang sudah disangrai tersebut ke atas wadah yang lebar seperti loyang untuk membuat kue. Taburkan secara merata dan diamkan hingga panasnya menghilang. Sambil menunggu tepung dingin, Anda dapat membuat adonan gulalinya.
3. Sama seperti di atas, yaitu campurkan gula pasir, air, dan pewarna ke dalam satu wajan. Setelah itu panaskan menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Angkat wajan tersebut lalu diamkan sebentar hingga mulai mengental.
4. Lalu tuangkan adonan tersebut ke atas tepung terigu. Kemudian silakan tarik-tarik adonannya hingga berbentuk menjadi seperti rambut nenek. Awalnya mungkin akan terasa tidak mudah namun jika sering melatihnya maka Anda akan dapat membentuknya dalam waktu yang singkat.
Resep Permen Gulali Coklat

Bahan

1 kg gula pasir
· 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
· 1 sdm asam citrun
· 100 ml air matang atau ¾ gelas sedang
Alat-alat

Persiapkan mesin Cotton Candy Machine untuk membuat arum manis
· Stik bambu/cone stick untuk menggulung arum manis
Cara Membuat
Pertama campurkan gula dengan pewarna makanan yang telah disiapkan sebelumnya dan diaduk-aduk hingga merata.
2. Nyalakan mesin dan pemanas hingga mesin siap untuk dipakai.
3. Masukkan gula yang sudah dicampur dengan pewarna makanan ke dalam mesin, tunggulah beberapa saat hingga keluar serabut-serabut gula halus dari mesin.
4. Gulung serabut gula halus dengan stik kayu. Gulung hingga ukuran yang sesuai keinginan.
5. Arum Manis sudah siap dinikmati (masukkan kedalam kemasan plastik jika ingin dijual).
6. Masukkan gula pasir ke tempat pemanas Cotton Candy, lalu tekan tombol ON, mesin akan mulai bekerja memanaskan gula & berputar, setelah gula mencair akan terbentuk kabut gulali, setelah kabut arumanis terbentuk cukup tebal, matikan mesin, ambil cotton candy yang terbentuk dengan menggunakan stik, putar stick gula kapas sehingga bentuknya tebal & bagus. Masukan dalam kantong plastik, siap untuk dihidangkan atau dijual.

No comments:

Post a Comment

Menjalankan Usaha Minuman Kemasan Tanpa Proposal

Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8-10 gelas (kurang lebih dua liter) per hari, namun hasil penelitian yang dilakukan o...