Manfaat Kemasan Produk Kosmetik

Manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya wadah atau pembungkus pada suatu produk, salah satunya adalah bisa mendukung produk tersebut agar terhindar dari risiko kerusakan disaat proses alokasi .

Tidak cuma itu saja, kemasan produk kosmetik produk juga bisa mengamankan produk dari bahaya pencemaran dan gangguan fisik lainnya, mulai dari yang bersifat tekanan, benturan, maupun getaran.
Fungsi Kemasan Produk
Secara umum, fungsi dari pengemasan pada bahan pangan terbagi ke beberapa poin, diantaranya adalah:

1.Menjadi tempat suatu produk selama proses distribusi, mulai dari produsen produk, hingga sampai ke tangan pembeli.

2.Mencegah kerusakan dan mengawetkan produk, misalnya seperti dapat melindungi dari sinar ultraviolet, panas matahari, kelembaban suhu, oksigen, tekanan, serta kontaminasi dari virus ataupun kuman yang dapat merusak & mengurangi kualitas dari suatu produk.

3.Sebagai identitas produk, dalam hal ini, kemasan produk kosmetik dapat digunakan sebagai media petunjuk bagi para pengguna lewat label yang terdapat pada pack produk tersebut.

4.Meningkatkan daya guna produk, contohnya: mempermudah sistem penghitungan suatu produk berdasarkan kemasan produk kosmetiknya, serta memudahkan transportasi dan penyimpanan produk tersebut.

5.Melindungi dari pengaruh yang kurang baik dari luar, serta melindungi juga dari zat mengganggu yang ada di dalam produk.

Baca juga  6 Tips yang Bisa Dilakukan Agar Bisnis Restoran Anda Sukses
Misalnya seperti produk yang berbau tajam, atau produk yang berbahaya seperti air keras, gas beracun, dan yang lain sebagainya.

Ataupun produk yang dapat menularkan warna dan aroma, maka dengan pengemasan pada produk dengan baik pastinya dapat menjaga produk-produk lainnya.

6.Memperluas pemakaian serta pemasaran produk, contohnya penjualan kecap dan sirup yang meningkat sejak penggunaan kemasan produk kosmetik pada botol diterapkan.

7.Menambah interes calon konsumen.

8.Sebagai media informasi dan advertensi.

9.Memberikan kenyamanan bagi pemakai.

Kualifikasi Persyaratan Bahan Kemas
Untuk menentukan peranan perlindungan dari kemasan produk kosmetik produk, maka dibutuhkan juga adanya pertimbangan aspek-aspek kualitas produk yang akan dilindungi nantinya.

Sebab mutu dari sebuah produk ketika sudah mencapai tangan konsumen sangat tergantung pada kondisi bahan mentah, metode pengolahan, serta tempat penyimpanan dari produk yang hendak dikemas.

Dengan demikian, fungsi dari kemasan produk kosmetik harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:

1.Memiliki daya membungkus yang baik untuk memudahkan dalam prosedur penanganan, pengangkutan, distribusi, penyimpanan, dan penumpukan produk.

2.Mempunyai kapabilitas supaya bisa melindungi isi produknya dari bermacam-macam resiko yang datang dari luar, contohnya perlindungan dari pengaruh kelembapan udara panas/dingin, cahaya matahari, bau asing, gesekan/tekanan mekanis, dan kontaminasi mikroorganisme.

3.Bisa menjadi daya tarik untuk pengguna.

Dalam perkara ini, identifikasi, informasi dan tampilan seperti bentuk, warna, dan keindahan bahan kemasan produk kosmetik harus di utamakan.

4.Persyaratan ekonomi, maknanya adalah, kemampuan dalam memenuhi keinginan pasar, targetnya yang berupa masyarakat, dan tempat tujuan pemesan.

5.Memiliki bentuk, bobot, dan ukuran yang sesuai dengan pola atau standar yang ada, mudah dibentuk ataupun dicetak, dan mudah juga untuk dibuang.

Nah, tentu dengan adanya persyaratan yang wajib dipenuhi pada kemasan produk kosmetik tersebut, pastinya kesalahan-kesalahan dalam hal memilih bahan baku, kesalahan-kesalahan dalam memilih desain kemasan produk kosmetik, dan kesalahan-kesalahan dalam memilih bentuk kemasan produk kosmetik pun dapat diminimalisir.

Sumber : https://ramesia.com/manfaat-kemasan-produk-kosmetik/

Bisnis Makanan Ringan 


Rempeyek Kacang
Camilan ini termasuk yang paling digemari masyarakat Indonesia karena mempunyai citarasa gurih dan tekstur garing. Rempeyek kacang kerap dimakan sebagai pengganti kerupuk. Umumnya rempeyek kacang dijual di warung makan, restoran dan kantin.

Proses pembuatan rempeyek kacang juga tidak tergolong rumit. Selain itu, bahan-bahan rempeyek kacang juga dapat Anda peroleh di pasar maupun tukang sayur. Peralatan untuk membuat rempeyek kacang pun cukup sederhana. Inilah mengapa bisnis makanan ringan berupa rempeyek kacang dapat Anda kerjakan di rumah Anda sendiri.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat bumbu halus dari ketumbar, kemiri, kencur, bawang putih dan garam. Lalu, campur tepung beras, santan, irisan daun jeruk purut, kuning telur, kacang tanah dengan air dan bumbu halus.

Langkah selanjutnya yaitu goreng adonan sampai warnanya berubah kuning kecoklatan. Tiriskan rempeyek kacang supaya kerenyahannya tetap terjaga. Kemudian masukkan rempeyek kacang buatan Anda di dalam kemasan plastik.

Analisis Usaha
santan kelapa                                              Rp4.000,00
¼ kilogram tepung beras                             Rp4.000,00
1 butir telur                                                  Rp2.000,00
6 butir bawang putih                                    Rp1.000,00
¼ kilogram kacang tanah                            Rp7.000,00
6 lembar daun jeruk                                    Rp1.000,00
1 liter minyak goreng                                  Rp15.000,00
garam                                                         Rp2.000,00
5 butir kemiri                                              Rp1.000,00
1 ruas kencur                                             Rp1.000,00
1 bungkus ketumbar                                  Rp1.000,00
plastik                                                        Rp10.000,00
Total                                                                     Rp49.000,00

Harga Jual Rp4.000,00 x 30                                Rp120.000,00

Keuntungan = Penjualan – Total Modal = Rp120.000,00 – Rp49.000,00 = Rp71.000,00

bisnis makanan ringan
Singkong Keju
Dahulu singkong sering diidentikkan sebagai makanan orang desa. Padahal, singkong bisa dikreasikan menjadi camilan yang lezat, kekinian dan bernilai jual cukup tinggi. Dengan tambahan parutan keju, singkong akan semakin dilirik oleh konsumen.

Singkong keju memiliki bagian dalam yang empuk dan lumer. Sementara itu, di bagian luarnya merekah dan terasa renyah. Perpaduan inilah yang membuat singkong keju selalu ludes diburu para penggemarnya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rasa singkong keju Anda enak dan memanjakan lidah konsumen. Pertama, Anda disarankan tidak memilih singkong yang telah lama dicabut dan ujungnya kebiruan. Kedua, jangan potong singkong dengan ukuran kecil karena singkong akan mudah hancur.

Cara membuat singkong keju adalah kupas dan cuci singkong sampai bersih. Setelah itu, potong singkong dalam ukuran agak besar dan kukus hingga empuk. Angkat kukusan dan rendam singkong di dalam wadah berisi air es yang telah diberi bumbu halus berupa bawang putih dan garam.

Waktu perendaman berlangsung selama 1 jam. Langkah berikutnya ialah menggoreng singkong memakai minyak banyak sampai warnanya kuning keemasan. Terakhir, taburkan keju parut di bagian atas singkong.

Analisis Usaha Bisnis Makanan Ringan
1 kilogram singkong                              Rp2.000,00
bawang putih                                        Rp1.000,00
keju parut                                             Rp15.000,00
garam                                                  Rp1.000,00
Baca juga  Usaha Agen Makanan Beku yang Menguntungkan
Total                                                               Rp19.000,00

Harga Jual Rp1.500,00 x 30                          Rp45.000,00

Keuntungan = Penjualan – Total Modal = Rp45.000,00 – Rp19.000,00 = Rp26.000,00

bisnis makanan ringan

Bolu Ngakak
Nama camilan ini begitu unik ya. Bagi Anda yang belum tahu, bolu ngakak adalah bolu kukus yang terlihat sangat mekar. Bentuknya persis orang yang tertawa terpingkal-pingkal. Berbagai kalangan usia senang menyantap bolu ngakak karena rasa manisnya yang pas dan lumer di mulut.

Jika dibandingkan dengan brownies atau kue lainnya, bolu ngakak paling mudah dibuat. Kelebihan bolu ngakak lainnnya adalah proses pembuatannya tidak memakan waktu yang lama. Bahkan, adonan bolu ngakak juga bisa Anda aduk menggunakan kocokan tangan.

Meskipun termasuk kue tradisional, bolu ngakak tidak pernah lekang oleh zaman. Dari waktu ke waktu, bolu ngakak selalu ramai akan peminat. Supaya bolu ngakak buatan Anda semakin laris manis, tidak ada salahnya membuatnya menjadi beraneka motif misalnya zebra, pelangi dan semangka.

No comments:

Post a Comment

Menjalankan Usaha Minuman Kemasan Tanpa Proposal

Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8-10 gelas (kurang lebih dua liter) per hari, namun hasil penelitian yang dilakukan o...