Bisnis Restoran Makanan Sehat

Jika Anda memilki hobi dalam hal masak memasak, maka hal itu bisa saja Anda kembangkan menjadi salah satu kegemaran yang menghasilkan rupiah. Entah itu penghasilan yang kecil yang dapat membantu perekonomian Anda dalam bentuk kebutuhan primer atau bahkan dengan penghasilan yang besar yang bisa mencukupi segala keperluan sekunder seperti, motor, mobil dan lain-lain. Dan salah satu usaha yang dapat memanfaatkan hobi Anda adalah membuka usaha restoran atau rumah makan.

Usaha restoran atau rumah makan memang sangat menguntungkan dan menjanjikan, sebab setiap orang pasti membutuhkan makanan bukan? jadi dapat Anda bayangkan sendiri jika masakan yang Anda jual di sukai oleh konsumen Anda.

Tantangan dalam bisnis restoran atau rumah makan adalah bagaimana makanan yang Anda tawarkan dapat laku dan disukai oleh pembeli. Disinilah Anda harus berpikir keras untuk membuat inovasi dan juga membutuhkan kreatifitas yang tinggi agar bisnis restoran atau rumah makan yang Anda jalankan menjadi salah satu restoran yang terenak dan yang paling terkenal di daerah Anda.

Saat ini banyak restoran atau rumah makan yang bermunculan di Indonesia, mulai yang skala kecil hingga yang berskala besar. Banyak restoran yang dibuka di kota tertentu hingga meraih keberhasilan, seperti membuka restoran di daerah Surabaya. Ada pula restoran yang berhasil dan tumbuh besar yang dijalankan oleh artis atau orang ternama di Indonesia, contohnya seperti restoran Vidi Aldiano.

Usaha restoran juga bisa mencapai kesuksesan karena menu yang dijual sesuai dengan target pembelinya, yaitu orang yang menyukai menu makanan tersebut, semisal restoran sea food.

Bisnis restoran atau rumah makan, kini terasa semakin berkembang dalam dunia perdagangan. Setiap orang butuh makan, jadi tidak heran, jika bisnis restoran atau rumah makan selalu tak ada habisnya. Karena untuk memenuhi kebutuhan primer setiap orang. Akan tetapi, untuk memulai dan mengelola restoran juga tak boleh asal-asalan karena bisa jadi akan gulung tikar di tengah jalan. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai dan sukses dalam bisnis restoran.

Baca juga  Usaha Minuman Es yang Mudah dan Menjanjikan
1. Menu Masakan
Menu makanan adalah salah satu yang faktor sangat penting dalam suatu usaha restoran, sebab menu ini yang akan menentukan segalanya. Jadi jika Anda mau membuka sebuah bisnis restoran, maka sebaiknya Anda pikirkan menu makanan apa yang sekiranya terlaris dan terpopuler di kota Anda. Anda juga dapat memilih menu masakan yang tidak ada di kota Anda, sehingga restoran Anda akan menjadi satu-satunya dan terlihat paling unik.

2. Persiapan Bahan Baku
Bahan baku bisa didapatkan dengan melakukan kerja sama dengan supplier sayur-mayur dan sembako atau bisa langsung belanja ke pasar tradisional ataupun modern. Anda perlu memastikan kualitasnya baik karena akan berpengaruh terhadap rasa masakan.

3. Survey Pasar
Untuk dapat mengetahui kebutuhan konsumen, survey pasar harus dilakukan. Survey yang dilakukan meliputi harga pasaran, pesaing terdekat, dan lain-lain. Dengan demikian, Anda akan mempunyai gambaran dan perbandingan untuk merencanakan style bisnis Anda.

4. Ciri Khas
Sebuah restoran pun harus memilki sebuah ciri khas supaya sang pembeli tidak kesulitan untuk menemukannya dan juga membuat daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Contohnya Anda dapat memakai nama unik, tempat yang unik atau rasa yang unik pada makanan yang Anda tawarkan.

5. Lokasi Restoran
Lokasi merupakan salah satu hal penentu kesuksesan suatu bisnis restoran. Jadi apabila Anda akan membuka sebuah bisnis restoran lebih baik Anda pikirkan lokasi yang bagus dan strategis untuk usaha Anda. Yang pasti pilih saja lokasi yang ramai akan pengunjung. Dengan banyaknya pengunjung maka besar kemungkinan restoran Anda akan ramai pula.

6. Pelayanan
Pelayanan juga salah satu faktor paling penting dalam keberhasilan suatu usaha restoran, karena percuma bila pengunjung ramai namun pelayanan yang Anda berikan tidak memuaskan. Hal ini akan bisa menyebabkan semakin lama restoran Anda sepi dan akhirnya gulung tikar.

Jadi jika Anda mau berhasil dalam melakukan bisnis restoran, sebaiknya Anda memberikan pelayanan yang maksimal pada pelanggan Anda. Supaya pembeli dapat merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di restoran Anda, coba sediakan internet gratis atau pelayanan menyenangkan lain bila modal Anda mencukupi.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-restoran-makanan-sehat/

Membuat Waffle Keju dengan Mudah

Waffle ialah jenis makanan yang sudah cukup terkenal di benua Eropa dan sekitarnya, dimana saat ini sudah mulai merambah ke daerah kita, yang demikian itu terlihat dari maraknya penjualan waffle di pinggiran jalan dan cafe. Salah satu jenis waffle yang cukup terkenal ialah kue waffle dari negara Belgia yang memiliki nama yang berbeda-beda, seperti waffle pandan, blue waffle, dan masih banyak yang lainnya.

Waffle adalah kue yang berasal dari Belgia bermotif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukan merupakan menu khas Indonesia, akan tetapi masakan ini sudah banyak dijumpai di cafe yang ada di tanah air.

Saat proses pembuatan waffle biasanya yang sukar untuk anda lakukan yaitu mencari cetakan khusus roti waffle yang mempunyai ciri berbeda dibandingkan dengan cetakan kue lainnya. Namun untuk pembuatan adonan waffle sangat gampang dibuat, anda bisa dengan mudah untuk membuatnya.

Roti waffle sangatlah cocok dihidangkan untuk makan pagi, seringkali kue waffle disajikan dengan topping strawberry, coklat atau lainnya sesuai keinginan, kue waffle juga dapat dihidangkan bersamaan dengan kopi. Ada juga sebagian orang yang lebih memilih mengkonsumsi waffle sebagai dessert.

Namun apakah anda sudah tahu bahwa roti waffle memiliki beraneka macam jenis?
Berikut 6 macam kue waffle yang paling terkenal di dunia :

1. macam-macam kue waffle
Berikut adalah beberapa jenis roti waffle yang biasa kita dapati di sekeliling kita. Berikut penjelasannya:

a. American Waffles

Ini merupakan varian waffle yang dihidangkan di All Good. Roti waffle Amerika semakin nikmat jika disiram dengan berbagai topping di atasnya, seperti:f krim, sirup, atau es krim.

Biasanya American Waffles memiliki bentuk yang lebih tipis dengan volume yang padat. Meskipun memiliki isi, kue waffle Amerika tetap mudah dipotong layaknya roti pancake.

b. Waffle Belgia

Belgian Waffles biasanya mempunyai berat yang ringan dilengkapi tekstur yang agak garing. Belgian waffles mempunyai bentuk yang unik yaitu persegi panjang.
Sebenarnya apabila melihat dari historinya, Pada dasarnya Waffle Belgia hanya dicampur gula saja tanpa campuran topping lainnya. Penambahan topping pada jenis waffle Belgia ini bisa dikatakan telah merubah keautentikannya.

Baca juga  Memahami Sejenak Konsep Rencana Bisnis Makanan Beku
c. The Liège waffles

Resep The Liège waffles dibuat dari bahan kue Brrioche yang memiliki rasa manis. Hal tersebutlah yang menyebabkan the liege waffles terasa padat dan manis di mulut.

d. Waffle Hong Kong

Di Hong Kong, waffle biasanya dijual oleh penjual asongan. Warga Hong Kong bisa menikmatinya selagi kondisi hangat.

Waffle Hong Kong memiliki bentuk bulat-bulat seperti roti cubit. Penjual waffle di negara ini biasanya mengoleskan mentega, kacang, cokelat, atau gula di bagian atas waffle kemudian barulah dilipat menjadi satu.

e. Scandinavian waffles

Scandinavian waffles dicetak tipis setelah itu dibentuk menyerupai hati. Biasanya di atas waffle Scandinavia diberi gula, buah stoberi, selai, dan buah-buahan.

f. Stroopwafels

kue waffle berlatar belakang Belanda ini adalah kue waffle tipis ditambahkan dengan manisan sirup di dalamnya. Adonannya terbuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur.

Stroopwafels ialah waffle yang dibelah menjadi dua bagian yang sama saat masih di dalam proses dipanggang.

Kemudian waffle ditaburi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

2. Campuran Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Waffle
Resep waffle yang akan kami paparkan berikut ialah cara yang tidak banyak berbeda dengan cara belgian waffles yang sudah sangat terkenal, sehingga membuat waffle ini menjadi sangat enak dan garing.
Untuk menghasilkan waffle yang lezat dan sehat anda membutuhkan berbagai bahan-bahan berikut ini :

a. 250 gram tepung terigu.
b. 50 gram margarin cair.
c. 400 ml susu cair.
d. Setengah sendok garam dapur.
e. Tiga butir kuning telur ayam.
f. Tiga butir putih telur ayam.
g. Dua sendok gula pasir putih.
h. 4 sdt baking powder siap saji.
i. Kemudian vanila powder, secukupnya.

3. Resep Membuat Waffle Spesial Renyah Gurih.
a. Sediakan dua wadah yang berlainan untuk sarana mencampurkan bahan adonan, letakan tepung terigu, gula

halus,garam, vanila powder, dan baking powder pada tempat awal, kemudian aduk sampai tercampur rata.

Baca juga  Melihat Peluang Usaha Kebab Kings
b. Selanjutnya campurkan margarin cair, kuning telur dan susu cair, kemudian aduk sampai merata.

c. Setelah itu masukan adonan cair pada tempat kedua ke wadah pertama, lalu aduk sampai semua bahan tercampur secara rata.

d. Setelah itu masukan putih telur ke dalam mixer sampai warnanya berubah menjadi putih seperti warna busa sabun.


No comments:

Post a Comment

Menjalankan Usaha Minuman Kemasan Tanpa Proposal

Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8-10 gelas (kurang lebih dua liter) per hari, namun hasil penelitian yang dilakukan o...